Alasan UMKM Harus Menggunakan Aplikasi BukuWarung Sebagai Pembayaran Digital

Aplikasi BukuWarung adalah aplikasi pembukuan UKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya. Yang dulunya dicatat melalui buku secara manual, kini seiring majunya perkembangan zaman, pembukuan usaha bisa melalui aplikasi handphone.

Selain sebagai aplikasi pembukuan, BukuWarung juga dapat digunakan sebagai pembayaran digital. Pembayaran digital BukuWarung sangat direkomendasikan untuk UMKM karena sangat mudah digunakan. Beberapa alasan pemilik UMKM sebaiknya sudah bisa menggunakan uang elektronik untuk usahanya, karena:

1. Jumlah penggunanya semakin banyak

Berdasarkan data Bank Indonesia, jumlah pengguna uang elektronik di tahun 2018 meningkat tajam dibandingkan tahun 2017.  Nilai transaksi yang tercatat pada tahun 2018 bernilai 2,92 miliar transaksi atau tumbuh 3 kali lipat dibandingkan tahun 2017.

Morgan Stanley juga memperkirakan transaksi pembayaran digital akan naik menjadi US$ 50 miliar pada tahun 2027. Untuk itu, UMKM perlu memanfaatkan hal tersebut agar mendorong mereka menerapkan uang elektronik agar bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak.

2. Cepat dan anti ribet

Pembayaran non-tunai lebih cepat dan tidak ribet. Pelanggan hanya perlu membayarnya lewat mesin atau membayarnya via aplikasi. Hal ini tidak ribet dan mempersingkat waktu baik bagi pelanggan maupun pemilik usaha.

Dengan begitu, sistem pembagian kerja karyawan akan lebih efisien serta menghemat biaya operasional. Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan usaha dan mengalokasikan dana yang Anda punya untuk hal lain yang lebih penting.

3. Pencatatan transaksi yang lebih sistematis

Sistem pembayaran elektronik membantu UMKM dalam melakukan pencatatan secara otomatis sehingga menghemat waktu dan membantu mereka dalam memiliki pembukuan yang rapi dan bebas dari masalah.

4. Uang elektronik aman

Transaksi non tunai menghapuskan banyak masalah seperti uang hilang dan uang palsu. Untuk itu, pelaku usaha bisa tenang dan terhindar dari beragam masalah yang kerap menghantui mereka di zaman dahulu.

Uang yang didapat dari hasil transaksi akan disimpan dalam rekening dan bisa diambil kapan saja dan dimana saja. Anda tidak perlu bingung untuk menyimpannya dan bisa lebih fokus dalam membagi keuntungan yang Anda dapat.

Itulah alasan mengapa UMKM perlu menggunakan pembayaran digital dalam usahanya. Anda bisa menggunakan aplikasi BukuWarung yang sangat mudah diinstall dan digunakan pada gadget. Yuk download aplikasi POS dan pembayaran digital BukuWarung sekarang juga!