5 Keuntungan Beli Mobil Bekas untuk Keuangan yang Sehat

Budget minim bukan berarti tidak bisa membeli sebuah mobil layak pakai. Justru jika memaksakan diri membeli mobil baru akan berdampak pada kesehatan finansial Anda. Terlebih DP mobil baru memang tidak sedikit, apalagi cicilannya yang terasa memberatkan bagi sebagian orang.

Jual beli mobil bekas saat ini semakin mudah dilakukan berbagai kalangan. Anda bisa memilih tipe mobil yang sesuai dengan budget. Namun, tidak sedikit yang masih ragu membeli mobil bekas, padahal ada berbagai macam benefit yang bisa didapatkan.

5 Keuntungan Beli Mobil Bekas yang Harus DIketahui

Anggapan membeli kendaraan bekas membutuhkan biaya reparasi yang mahal pada dasarnya tidak sepenuhnya benar. Terlebih jika dibandingkan dengan harga mobil baru yang lebih menguras kantong. Lalu, apa saja keuntungan membeli unit mobil bekas yang harus diketahui?

1.  Mencegah Kehabisan Uang

Baik bagi yang sudah berkeluarga maupun belum, manajemen keuangan merupakan hal krusial. Di masa depan, ada banyak kebutuhan yang harus disiapkan dananya dengan baik. Misalnya biaya sekolah anak, biaya kesehatan, dan sebagainya.

Jika Anda sudah memiliki cicilan sebelumnya, maka hindari menambah cicilan yang sebenarnya bisa diatasi dengan solusi lain. Misalnya dengan membeli mobil bekas yang akan membebaskan dari cicilan mobil baru yang memberatkan.

2.  Bisa Dapat Mobil Bekas Rasa Mobil Baru

Bagi yang berencana membeli mobil bekas, maka pintar-pintarlah dalam mencarinya. Tidak sedikit dealer yang menjual mobil bekas yang kualitasnya masih bagus. Bahkan tidak jauh berbeda dengan mobil baru yang harganya jauh lebih mahal.

Anda bisa mencari mobil bekas yang berumur masih muda dan jarak tempuh yang rendah. Hal ini buak sesuatu yang mustahil, tidak sedikit yang beruntung mendapatkan mobil bekas rasa mobil baru.

3. Depresiasi Harga Tidak Terlalu Signifikan

Depresiasi harga memang menjadi mimpi buruk bagi pemilik kendaraan baru. Bayangkan saja, rata-rata unit baru mengalami penurunan harga 15-25% per tahun pada lima tahun pertama sejak waktu pembelian.  Jika dipikir-pikir, hal tersebut memang sangat merugikan bukan?

Terlebih jika Anda membeli atau mencicilnya tanpa mempertimbangkan kondisi keuangan dengan baik. Hal ini berbeda dengan depresiasi mobil bekas yang lebih rendah. Selain harganya jauh lebih murah, jika hendak dijual lagi pun penurunan harganya tidak terlalu merugikan.

4. Biaya Rutin Bulanan Lebih Rendah

Perlu diketahui bahwa biaya rutin bulanan untuk mobil baru ternyata cukup mahal. Bahkan tidak sedikit yang terkejut karena tidak memperhitungkannya dari awal. Bagaimana tidak, mobil baru membutuhkan premi asuransi yang tinggi dibanding mobil bekas.

Bahan bakar yang digunakan pun umumnya non-subsidi dari pemerintah. Belum lagi biaya pajak kendaraan baru yang jauh lebih mahal dibanding unit bekas.

5. Mobil Bekas Juga Bisa Dicicil

Kredit mobil bekas bisa menjadi solusi bagi yang merasa cicilan mobil baru memberatkan. Anda bisa mendapatkan angsuran yang lebih ringan, begitu pula dengan tenor cicilan yang bervariasi.

SEVA menjadi salah satu platform jual beli mobil bekas yang menyediakan fitur cicilan ini. Anda bisa memilih mobil bekas keluaran Astra yang kondisinya masih sangat baik. Proses pengajuan tergolong mudah, bahkan bisa dilakukan secara online. Begitu pula dengan proses Acc, tidak perlu menunggu lama!

Membeli mobil bekas bukanlah sesuatu yang buruk, justru keputusan ini bisa menyelamatkan kondisi keuangan Anda. Tidak sedikit mobil bekas yang masih layak pakai jika teliti membelinya di tempat yang tepat. Biaya rutin bulanan lebih rendah sehingga tidak menguras gaji bulanan!